Rabu, 16 September 2015

Tugas Mata Kuliah Manajemen Pelayanan Publik






Yayasan Pendidikan Banua SarabaKawa
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara


Tugas               :  Drs. H.JUNIANSYAH
Mata Kuliah    :  Manajemen Pelayanan Publik                                                            
Email               :  Junipthamb@yahoo.com
Nama               :  A N I A H  ( Aniahaja2015@gmail.com )
NIM                :  212.057.20201.1367
Semester          :  VI (enam) / Ekstensi / Ganjil

Soal :
1.      Bagaimana Pengertian Manajemen Pelayanan Publik ?
2.      Bagaimana hubungan antara Manajemen Pelayana Publik dengan Pelayanan Prima !
3.      Ada dua pihak yang berperan dalam Pelayanan Prima, apa itu !
4.      Didalam pelayanan publik ada :
"Kelompok Pelayanan Administrasi !
"Kelompok Pelayanan Barang !
terangkan masing - masing !

jawaban :
1.      Manajemen adalah seni  dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Jadi manajemen itu dapat diakatakan suatau proses yang dilakukan untuk mengkoordinasikan berbagai aktivitas untuk mencapai hasil yang tidak bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri.
Pelayanan Publik adalah pemeberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan.
Jadi Manajemen Pelayanan Publik adalah uatu proses penerapan ilmu dan seni untuk menyususn rencana, mengimplementasikan rancana itu, mengkoordinasikan dan menyelesaikan aktivitas-aktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan.

2.      Hubungan antara Manajemen Pelayana Publik dengan Pelayanan Prima adalah karena Pelayanan Prima merupakan pelayanan publik (yang dilaksanakan oleh organisasi Pemerintah) yang dikelola sedemikian rupa sehingga menghasilkan kinerja pelayanan yang berkualitas tinggi. Karena apabila dilakukan atau dilaksanakan oleh organisasi Swasta bagaimana pun baiknya pelayanan yang diberikan tetap saja tidak bisa dikatakan sebagai pelayanan prima. Karena suatu pelayanan publik dikatakan berkualitas tinggi, apabila masyarakat yang mengalami atau menerima pelayanan dari pemerintah (tersebut) merasa mendapatkan/menikmati pelayanan yang  sangat memuaskan.

3.      Dua pihak yang berperan dalam Pelayanan Prima adalah Pemerintah / Aparatur Pemerintah dan Masyarakat yang mana menjadi pelanggan / orang yang dilayani.

4.      Kelompok Pelayanan Administrasi adalah yaitu pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh publik, seperti KTP, Surat Keterangan Kematian, surat Nikah, sertifikat tanah/rumah, STNK, SIM, IMB, dll.

Sedangkan Kelompok Pelayanan Barang yaitu pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk /jenis  barang yang digunakan oleh publik, seperti jaringan telepon, penyediaan tenaga listrik, air bersih, BBM, dll.

0 komentar:

Posting Komentar